Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Sukahurip yang
didirikan oleh yayasan Al-Fattauhul
Hidayah pada tahun 1992.
Dalam upaya mengembangkan kemampuan peserta didik, pendidikan di MTs Al-Hidayah Sukahurip berpegang
pada asas keseimbangan antara Ilmu, Iman dan Amal yang didasari dengan
keikhlasan.
Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Sukahurip merupakan
lembaga pendidikan formal yang sederajat dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Sukahurip mempunyai tujuan agar siswa :
1.
Dapat
melanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi.
2.
Mampu
mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan
kesenian yang dijiwai ajaran agama Islam.
3.
Dapat
menjadi anggota masyarakat yang mampu mengadakan hubungan timbal balik dengan
lingkungan sosial, budaya dan alam sekitarnya dalam suasana keagamaan yang
didasari Akhlaqul Karimah.
Untuk memperoleh tujuan tersebut,
dibuatlah Visi, Misi dan Strategi sebagai berikut ini.
B.
Visi,
Misi, Target dan Strategi Madrasah
Tsanawiyah Al-Hidayah Sukahurip.
1.
Visi
Visi Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Sukahurip
adalah “Menyiapkan kader bangsa yang berwawasan keilmuan, ketaqwaan,
berakhlaqul karimah serta ikhlas dalam mengabdikan diri.”
Indikator yang dijadikan acuan :
a.
Mampu
mencapai hasil belajar yang optimal
NEM kategori baik.
b.
Mampu
bersaing dalam memasuki pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi (SMA/SMK/MA).
c.
Berprestasi
baik dalam kegiatan ilmiah, olah raga maupun seni.
d.
Berdisiplin
tinggi dalam kehidupan.
e.
Ta’at dan
patuh dalam beribadah.
f.
Berakhlaqul
karimah, bermanfaat bagi semua.
g.
Ikhlas
dalam mengabdikan diri pada agama, bangsa dan negara.
2.
Misi
a.
Menyelenggarakan
pendidikan untuk menyiapkan generasi bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan.
b.
Meningkatkan
kualitas iman dan ketaqwaan.
c.
Meningkatkan
pengetahuan dan profesionalisme tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan
dunia pendidikan.
d.
Mengembangkan
budaya prestasi, kemampuan, dan kemandiriran.
e.
Mengembangkan
sikap ta’awun, ukhuwah, dan kepedulian.
f.
Memupuk
sikap berbudi luhur dan keikhlasan.
Indikator yang dijadikan acuan :
a.
Peningkatan
sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai.
b.
Meningkatkan
KBM dan PBM yang lebih efektif, tepat guna & berhasil guna.
c.
Peningkatan
bimbingan & motivasi belajar siswa.
d.
Peningkatan
pengawasan & bimbingan intra dan ekstra kurikuler.
e.
Peningkatan
pengawasan & bimbingan pengamalan agama islam secara kaffah.
f.
Peningkatan
upaya pengembangan management Madrasah dengan mengikutsertakan partisipasi
orang tua dan segenap lapisan masyarakat.
g.
Memupuk
kebersamaan, keteladanan & akhlaqul karimah segenap warga madrasah dengan
warga masyarakat secara keseluruhan.
h.
Peningkatan
kemampuan baca tulis Al-qur’an.
i.
Peningkatan
pemahaman, dan penghayatan & pengamalan isi kandungan Al-Qur’an.
3.
Target
a.
Meningkatnya
kualitas dan kuantitas lulusan sehingga jumlah siswa yang dapat di terima di
SMA/SMK/MA Negeri yang berkualitas baik terus bertambah setiap tahun.
b.
Memberikan
keterampilan hidup yang dimanfaatkan terutama oleh siswa yang tidak melanjutkan
ke sekolah lanjutan tingkat atas.
c.
Terwujudnya
kehidupan yang religius di lingkungan sekolah yang ditandai oleh
perilaku
soleh, ikhlas, tawadlu, kreatif dan mandiri.
4.
Strategi
a.
Menjaring
calon siswa dari lulusan SD/MI melalui seleksi potensi akademik, baca tulis
Al-Qur’an, nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) SD / MI
b.
Menciptakan
iklim belajar yang menyenangkan, kreatif dan inovatif.
c.
Mengembangkan
proses pembelajaran dengan prinsip mastery learning dan asas keseimbangan
antara kreativitas dan disiplin, antara persaingan dan kerjasama serta antara
tuntutan dan prakarsa.
Demikian sekilas tentang MTs Al-Hidayah Sukahurip, visi, misi dan strategi
yang dicanangkan untuk jadi bahan acuan dalam kegiatan sehari-hari. ( Rengstra
terlampir)
Tentunya harapan kami adalah ridho Allah semata yang
jadi dambaan. Amin.
اللهم
رحمتك ارجوا فلا تكلنى الى نفسى طرفة عين واصلح لى شأنى كله لا اله الا انت -.
Salawu,
17 Juli 1993
MUSHLIH, S.PdI
No comments:
Post a Comment